Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

4 Cara Sederhana Menjadi Penulis Artikel Online

16.028

Artikel online saat ini menjadi salah satu konten populer setelah video youtube. Kenapa demikian? Karena artikel online atau artikel pada sebuah situs menyajikan informasi secara singkat namun lugas.

Itulah yang membuatnya disukai banyak orang, selain karena singkat juga mudah untuk dicari, segala informasi tersedia secara online, mulai dari kabar terkini sampai artikel yang menyajikan cara-cara membuat sesuatu.

Nah, Anda juga dapat ikut berpartisipasi dalam menyajikan informasi secara online, namun sebelum itu, tentu harus tahu dulu bagaimana caranya.

Karena, membuat artikel online sedikit berbeda dengan membuat essay atau makalah meskipun secara prinsipnya sama, menyediakan informasi atau membahas suatu masalah.

Hal yang membedakannya adalah aturan google, tentunya aturan ini setelah penulisan yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, tetapi jangan dibayangkan aneh-aneh ya, karena semuanya sederhana.


Video On Youtube

For Notification Later SUBSCRIBE Us!!!

Menulis Artikel untuk Situs dengan 4 Cara Sederhana

Pada dasarnya tidak ada teori baku dalam menulis di online, dalam artian Anda dibebaskan menulis apapun dalam sebuah situs, tapi tentunya ada tips dan triknya, berikut ini salah satunya.

1. Mencari Topik dan Frame

Mencari topik dan frame adalah hal utama tentunya, namun dalam menulis artikel online biasanya ini menjadi bagian paling sulit.

Kenapa menjadi paling sulit? Karena saking banyaknya topik yang sudah dibahas di internet, sehingga setiap situs di tuntut untuk membuat artikel yang unik.

Terkadang, topik yang akan di bahas sudah ditemukan, bisa jadi topiknya sama dengan banyak situs di internet, tetapi framenya atau alur pembahasannya berbeda, maka artikel tersebut bisa jadi unik dan menarik.

Supaya lebih mudah dalam mencari topik dan menentukan frame yang harus dilakukan adalah rutin membaca, baik itu membaca buku, berita, ataupun informasi lainnya, dengan itu Anda akan terbiasa dengan banyak topik dan frame.

2. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Setelah mempunyai topik dna frame yang akan dibahas, selanjutnya mencari referensi untuk topik tersebut dan yang sesuai dengan framenya.

Baca Juga : Mendikbud Akan Rombak Buku Pelajaran untuk Tingkatkan Literasi

Semakin banyak referensi yang didapatkna, akan semakin mudah untuk menuliskannnya menjadi sebuah artikel.

3. Menulis Per-Tutur

Selanjutnya masuk dalam proses penulisan, ketika menulis artikel online, cara sederhananya adalah dengan menulis per-tutur.

Menulis per-tutur adalah dengan hanya mebahas satu atau 2 maksud dalam satu paragrap, atau setiap paragraphnya tidak lebih dari 2 hal yang disampaikan.

Contohnya pada paragrap pertama pada artikel “4 cara sederhana menjadi penulis artikel online”, paragraph tersebut hanya menyampaikan 2 hal yaitu, artikel online sedang populer dan artikel online menyajikan informasi singkat dan lugas.

Biasanya ketika menulis Per-tutur, dalam setiap paragraph hanya terdiri dari 2 sampai 3 baris ketika dituliskan di Microsoft World, untuk penulis online professional ini merupakan bagian dari optimasi SEO.

4. Gunakan Sub Judul atau List

Cara sederhana yang terakhir adalah dengan memanfaatkan Sub Judul atau list, cara ini akan lebih membuat informasi yang disajikan lebih singkat dan lugas namun isinya lengkap.

Selain itu, mencegah penulis untuk membuat pembahasan keluar dari topik atau frame yang sedang di bahas.

Kemudian dengan menggunakan memanfaatkan sub judul ataupun list, akan lebih mempermudah pembaca untuk memahami informasi yang disajikan.

Itulah 4 cara sederhana untuk menjadi penulis artikel online, dengan menggunakan cara di atas maka tulisan Anda sudah cukup untuk memenuhi standar awal ketika menulis artikel online.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.