Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Adegan Mesum Muncul Pada Diskusi Wantiknas Karena Serangan Zoom Bombing

19

Berita Nasional, Ctosantrix – Zoom bombing merupakan serangan hacker pada aplikasi zoom untuk mengganggu atau mengacaukan konferensi video didalamnya. Sementara aplikasi zoom sendiri belakangan sedang populer digunakan untuk pertemuan online.

Namun, ditengah popularitasnya, aplikasi zoom dikabarkan memiliki beberapa masalah yang dianggap berbahaya dan dapat mengganggu privasi penggunanya karena serangan hacker yang tidak bertanggunjawab.

Salah satu serangan yang populer terhadap aplikasi zoom saat ini adalah zoom bombing, serangan ini biasanya berbentuk gangguan yang terjadi ketika melakukan konferensi video, gannguan tersebut bisa berupa gambar-gambar atau hal lainnya yang tidak diinginkan.

Kali ini, serangan tersebut terjadi pada diskusi Wantiknas, yaitu Diskusi TIK-Talk yang diselenggarakan oleh Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional yang juga menggunakan aplikasi zoom, Kamis (16/04/2020) kemarin.

Ketika Adegan Mesum Muncul Pada Diskusi Wantiknas

Ketika diskusi yang bertema “Kolaborasi Multistakholder Memerangi Hoax dan Disinformasi di Tengah Pandemi Covid-19” itu sedang berjalan, tiba-tiba serangkaian serangan terjadi.

Dikabarkan oleh CNN Indonesia, pertama-tama serangan terjadi ketika Ismail Fahmi, Direktur PT Media Kernels Indonesia (Drone Emprit), sedang memaparkan analisa big data untuk pemetaan disinformasi di media sosial.

Di tengah pemaparan sedang berlangsung, tiba-tiba terjadi perubahan layar yang disebutkan seperti sebuah proses coding dalam waktu yang sangat singkat, yang diduga merupakan awal dari serangan.

Kemudian, sesaat setelah itu terdengar suara batuk dan suara orang asing berbicara yang diketahui bahwa itu bukan berasal dari peserta diskusi.

Baca Juga : Aplikasi Zoom Ternyata Punya Celah Keamanan, Begini Alurnya

Sampai akhirnya adegan mesum muncul pada diskusi wantiknas tersebut di layar.

terlihat adegan tak senonoh tersebut dilakukan oleh sesama pria asing, meskipun adegannya tidak lama, namun kemungkinan semua peserta melihatnya.

Tetapi, meski sempat ada kejadian yang tidak diharapkan tersebut, pemaparan yang diberikan oleh Ismail dilanjutkan sampai selesa.

Namun, karena adanya adegan mesum yang muncul pada diskusi wantiknas tersebut, Ismail menyarankan untuk selanjutnya tidak menggunakan aplikasi zoom, supaya kejadian serupa tidak terulang kembali. (Rizki/CTOX).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.