Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Jolam “Sang Pengembara Semesta”

51
Oleh Rizki R Andani

Panggil saja nama saya Jolam, sedikit malu menceritakan kenapa sahabat-sahabat karib biasa memanggil saya jolam, karena berasal dari semacam anggapan ketidak mampuan saya bergaul dengan perempuan, yah begitulah kenyataannya, entah berasal dari keyakinan ideologis yang terlalu mapan atau kelemahan secara psikologis di hadapan perempuan, pada nyatanya saya hanya menyamaratakan sikap dan perilaku dihadapan semua perempuan, hasilnya sahabat karib menamai sikap itu dengan nama “Cuek”, hah.. sungguh penamaan yang tak bermutu dan tak punya landasan, seandainya mereka bisa memandang dari sisi ideologis atau sisi keilmuan, sikap itu akan lebih terlihat sebagai sikap yang memiliki nilai ideologis, setidaknya agak ideologis lah dan mempunyai landasan pengetahuan yang cukup jelas, misalkan feminisme atau gender atau yang lain, yah mungkin mungkin mereka kurang pengetahuan soal itu, saya maklumi kebodohan mereka itu, meskipun dari kebodohan itu juga terlahir nama panggilan tak bermutu itu. Jolam (Jomblo Lama) sebuah sikap yang memiliki nilai ideologis dan berdasarkan keilmuan yang tinggi ini, diberi nama yang konyol juga, sungguh kedunguan yang amat mendalam. Namun Karena itu sudah menjadi panggilan setiap hari tak apalah kalian memanggil saya dengan nama itu, pun beserta anggapan yang sama pada benak kalian dan interpretasi sebaliknya pada benak saya.  

Baca Juga : Marwan dan Para Demonstran

Keseharian yang membuat saya selalu bersemangat menjalankan roda kehidupan yang amat sulit medannya itu, amat pelik dan rumit, bisa membuat manusia menangis dan muntah darah jika berani menanggung resiko kemanusiaan sepenuhnya, adalah menjelajahi alam semesta, sekarang alam semesta sudah semakin terbuka untuk dijelajahi oleh setiap manusia yang memang memiliki niat untuk mengorek dan meraup berbagi kebaikan yang bisa didapat didalammnya, ya itu dia, Inter Connection Network (Internet) sebuah jaringan yang terhubung dengan seluruh antero bumi, meskipun bumi hanya satu bagiannya saja dari alam semesta namun keluasannya berisi berjuta kebaikan yang bisa bermanfaat baik bagi individu ataupun secara komunal.

Selain itu sebagai salah satu kebiasaan yang memiliki nilai-nilai yang baik bagi kalangan terpelajar, yaitu sebagai mahasiswa, belajar di kampus tercinta dengan cita-cita luhur, mengharapkan kemajuan signifikan dari setiap pergerakannya sehingga mampu melahirkan calon generasi penerus bangsa yang berkualitas secara mental dan intelektual, sekecil apapun modal yang dikeluarkan dan pergerakan yang dilakukan, itulah kampusku tercinta, sebut saja Sekolah Tingkat Tinggi (STT), Ya kebiasaan itu adalah bertafakur memikirkan berbagai hal yang terfikirkan dan terbesit dalam otak, ini sudah menjadi semacam kebiasaan yang secara insyaf dan sadar saya lakukan untuk merefleksikan kehidupan sebagai insan terpelajar, supaya mampu mempersiapkan kehidupan kedepan yang sudah difikirkan dan direfleksikan dengan matang. Saya rasa perlu saya ceritakan sedikit kisah perjalanan tafakur yang saya lakukan dan terdokumentasikan dalam buku catatan, yang saya beri judul “Tiga Pegunungan Si Cantik Jelita”, untuk sebagai contoh, karena diyakini kalian lebih senang memanggil saya Jolam, tak apa, saya maklumi itu juga.

Bersambung…. Cerita Selanjutnya Akan Terbit Setiap Minggu, Tiga Pegunungan Si Cantik Telita

Baca Juga : Catatan Kakang Santri

Minggu Depan :

TIGA PEGUNUNGAN SI CANTIK JELITA

Suatu malam fikiranku melayang-layang mengarungi angkasa yang luas, menyapa bintang-bintang yang ditemuinya, mencari dan menanyakan darimana cahayanya berasal dan kenapa mereka bisa bergantung di angkasa. Terasa senang bisa berdialog dan bercengkrama dengan apa saja yang di ingin dan siapa saja yang terbayangkan. Ya, dia si cantik jelita penarik semua orang yang mengaku manusia dan bersyahwat sebagai hal normal dan keladziman.

“Ada perempuan cantik lewat….. Bersambung…

Mari berbagi Ungkapan, Sajak, Puisi, Syair, Qoutes, & Cerita, Ungkapkan “SajakManisSantri” mu, bakalan diramaikan oleh squad @ctosantrix . Yang ingin direpost silakan tag akun kami @ctosantrix atau kirim tulisan kalian via DM / WA di Bio dan jangan di privat akunya. Salam Manis Santri ?

Admin ctosantrix
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.