Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Keutamaan Shalat Dhuha Beserta Hikmahnya

18

Keutamaan shalat dhuha sangat banyak baik dari sisi rohani ataupun Kesehatan. Shalat duha juga sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh setiap umat muslim.

Kegiatan sederhana ini tergolong sulit dilakukan, yah gimana lagi kebanyakan orang masih malas melakukan kegiatan di pagi hari.

Atau mungkin untuk orang-orang yang bekerja keras dini hari sudah mempunyai aktivitas, seperti di pasar misalnya atau di tempat lain.

Di sisi lainnya juga keutamaan shalat dhuha itu dilakukan secara rutin, nah ini sebenarnya yang membuatnya menjadi berat, bagaimana tidak istiqomah adalah hal yang besar.

Tapi, ketika sudah bisa melakukannya, tidak sedikit orang mendapatkan hikmah shalat duha dan manfaat yang sangat banyak, nah dibawah ini kita bahas keutamaan-keutamaannya.

Beberapa Keutamaan Shalat Dhuha

Seperti disebutkan di awal, shalat duha memiliki banyak keutamaan dan manfaat oleh karenanya benar-benar dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk senantiasa dilakukan.

Bahkan beliau, disebutkan dalam Bukhari – Muslim, sampai berwasiat untuk melakukan 3 hal, Puasa tiga hari dalam sebulan, Shalat Dhuha dua raka’at dan witir sebelum tidur, beliau berwasiat kepada Abu Hurairah RA.

Sebegitu pentingnnya kan sampai-sampai beliau mewasiatkannya, nah lantas apa saja sih keutamaan shalat dhuha, berikut beberapa diantaranya.

Shalat Dhuha Sebagai Sedekah

Tau nggak sahabat, ternyata bukan Cuma harta berupa makanan, barang atau uang yang perlu dikeluarkan sedekahnya.

Bagian-bagian dari tubuh kita seperti disebutkan oleh Nabi, ruas anggota tubuh harus dikeluarkan sedekahnya, bisa dengan melakukan Amar Ma’ruf dan Nahi munkar.

Atau, beliau menyampaikan sedekah untuk tubuh atau ruas anggota tubuh kita bisa diganti dengan melakukan shalat dhuha sebanyak 2 raka’at, tentang ini dicatat dalam Hadist Riwayat Muslim.

Jika hikmahnya dapat diperas lebih dalam, keutamaan shalat dhuha 1 ini berhubungan dengan Kesehatan, karena kegiatan positif dipagi hari dapat memperbaiki kesehatan baik dari sisi mental ataupun tubuh.

Mendapat Ampunan Dosa

Hadist Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah menjelsakan tentang manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika secara rutin melaksanakan shalat dhuha.

Ketika shalat dhuha bisa dilaksanakan secara rutin, orang tersebut akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Bahkan meskipun dosanya sebanyak buih dilautan.

Keutamaan shalat dhuha yang satu ini mungkin jarang orang mengetahui, karena ibadah yang lebih umum untuk mendapatkan ampunan adalah dengan bertaubat.

Tapi, dengan ibadah pagi hari yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan ini ternyata dapat menghapus dosa sekalipun banyak.

Terhindar Dari Sifat Lalai

Salah satu sifat yang dapat berpengaruh buruk terhadap kehidupan manusia adalah lalai, dalam hal apapun ketika dikerjakan dengan lalai pasti tidak akan beres.

Selain itu, orang yang memiliki sifat lalai tentunya kurang disukai oleh orang lain dan tentunya akan menjadi hambatan karena memiliki sifat negatif.

Nah salah satu keutamaan shalat dhuha adalah untuk menghindari sifat yang kurang baik ini, sehingga orang bisa lebih disiplin dan dapat mengerjakan sesuatu dengan baik.

Sebenarnya keutamaan ini menjadi sangat logis, karena menjalankan shalat dhuha secara rutin membutuhkan kedisiplinan dan kemauan yang kuat.

Selain itu, rutinitas baik di pagi hari dapat menambah konsentrasi, semangat serta menambah mood seseorang, maka logis ketika rutin melaksanakan shalat dhuha dapat menghindarkan sifat lalai.

Keutamaan shalat dhuha sebenarnya masih banyak, seperti dapat mempermudah rezeki dan masih banyak lagi, tapi tetap yang lebih penting dari semua itu adalah melaksanakannya dengan istiqomah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.