Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Keutamaan Shalat Subuh yang sangat besar

22

Keutamaan shalat subuh sangat besar sekali sahabat ctosantrix. Shalat subuh seperti halnya kewajiban ibadah yang lain memiliki keistimewaan tersendiri.

Namun, sepertinya kita sama-sama mengalami atau mungkin sebagian banyak dari kita merasakannya kalau ibadah wajib di atas berat sekali dalam melaksanakannya.

Tapi perlu kita tau Bersama kalau di balik beratnya menjalankan shalat tersebut tersembunyi keutamaan yang sangat besar.

Nah berikut ini kita akan membahas keutamaan-keutamaan ketika kita dan sahabat semua bisa menjalannkan serta menjaganya.

5 Keutamaan Shalat Subuh

Sobat ctosantrix tentunya sudah tahu dong kalau waktu pelaksanaan salah satu dari 5 ibadah wajib ini adalah di pagi hari yaitu pada kisaran pukul 4 sampai pukul 5.

Perlu juga kita tahu sebenarnya dalam kitab fiqh seperti safinah, penentuan waktu tidak berdasarkan jam tetapi berdasarkan cahaya matahari.

Hanya saja supaya kita tidak kebingungan dan memiliki patokan waktu dibuatlah waktu tepat pelaksanaannya dengan perhitungan khusus tentunya.

Nah, waktu itu waktu saat kita malas-malasnya kan setelah bangun tidur, supaya ke depan kita bisa lebih semangat melaksanakannya, mari kita bahas keutamaan shalat subuh.

Berada dalam Lindugan Allah SWT

Sobat ctosantrix, dalam menjalani kehidupan tentu kita mengalami banyak sekali cobaan, baik dalam proses belajar ataupun dalam dunia pekerjaan.

Berbagai cobaan yang kita alami ada yang menghambat aktivitas bahkan mungkin ada yang membahayakan terhadap diri.

Jika sobat mengalaminya, cobalah terus bertahan dan jangan menyerah, kemudian perbaiki shalat subuhnya supaya lebih istiqamah.

Allah SWT menjanjikan perlindungan loh terhadap orang yang menjaga shalat subuhnya, Ia akan Allah lindungi selama seharian penuh.

Rassulullah SAW yang menyampaikan ini sebagai salah satu keutamaan shalat subuh dalam Hadist yang di riwayatkan oleh Imam muslim dalam shahihnya.

Menjadi Cahaya di Hari Kiamat

Hal utama selanjutnya yang penting kita ketahui adalah bisa menjadi sumber cahaya di hari kiamat, ini sungguh luar biasa.

Bagaimana tidak sobat, hari kiamat adalah hari yang menakutkan di mana keadaan gelap gulita dan semua orang merasa takut dan merasa kesulitan seperti tertulis dalam kitab-kitab karya para ulama.

Bahkan mungkin penggambaran tersebut tidak seberapa jika di bandingkan dengan keadaan aslinya dan hal itu pasti terjadi.

Nah, salah satu keutamaan shalat subuh ini bisa menjadi sumber cahaya pada keadaan yang gelap gulita itu, luar biasa kan.

Mendapat Pahala Shalat Satu Malam Penuh

Selanjutnya, jika kita istiqamah melakukan shalat subuh, keutamaan yang bisa kita dapatkan adalah mendapatkan pahala shalat satu malam penuh.

Sobat bisa membayangkan bagaimana rasanya shalat satu malam penuh, sepertinya hanya sedikit orang yang dapat melakukannya.

Seperti para santri biasanya melakukan shalat sunnat hampir satu malam penuh sebanyak 100 rakaat pada malam Nisfu Sya’ban.

Itu rasanya sungguh melelahkan meskipun tidak sampai satu malam penuh, tetapi semua orang bisa mendapatkan pahala lebih dari itu dengan melakukan shalat subuh, ini sangat luar biasa.

Dijanjikan Masuk Surga

Sobat, siapa yang tidak mau masuk surga di akhirat nanti, semua orang pasti mengharapkan itu meskipun masih berat melaksanakan perintah Allah SWT.

Sungguh dzat yang maha pengasih, Ia menjanjikan kita masuk surganya saat kita dapat menjalankan ibadah ini tepat waktu.

Keutamaan shalat subuh yang satu ini tidak bisa kita remehkan, karena betapa sulitnya menjaga kebaikan seperti yang di harapkan tuhan.

Sebagai manusia kita selalu saja melakukan salah dan khilaf, tapi dengan kemurahannya kita masih memiliki harapan yang sangat besar.

Dapat Melihat Allah SWT.

Rasulullah SAW. Mengatakan kalau siapa saja yang bisa malakukan shalat sebelum terbit dan sebelum terbenam matahari maka dia akan melihat Allah SWT.

Ia dapat melihatnya seperti melihat bulan yang tidak terhalan oleh sesuatu apapun. Hadist itu di riwayatkan dalam shahih bukhari dan muslim.

Keutamaan shalat subuh yang satu ini tidak bisa kita bayangkan dan memang tidak untuk dibayangkan, namun hal itu adalah kenikmatan terbesar ketika seseorang mendapatkannya.

Sobat ctosantrix, untuk mendapatkan itu semua tentunya tidak semudah membayangkan atau bahkan tidak semudah saya menuliskannya di sini.

Namun perlu kita ingat juga kalua Tuhan sangat menghargai usaha yang kita lakukan dan tentunya Ia akan memberikan kita jalan serta pelajaran dari semua usaha yang kita lakukan.

Ketika sobat sudah bisa melakukannya, itu menjadi hal yang sangat membahagiakan dan sangat patut di syukuri yang salah satunya dengan cara mengajak orang-orang terdekat.

Karena mengabaikan orang-orang terdekat juga bisa menjadi hambatan untuk diri sendiri, tetapi saat bisa Bersama-sama maju dalam kebaikan bisa berbuah kebaikan yang besar.

Keutamaan shalat subuh yang sudah kita bahas di atas semoga bisa bermanfaat dan bisa mejadi semangat untuk kita supaya dapat lebih istiqamah dalam melaksanakannya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.