Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Makna Kehidupan dan Pembelajaran dari Pensil

36.018

Makna Kehidupan seingkali membuat sebagian orang bingung, bahkan ada saja yang merasa hidupnya tidak berguna. Kehidupan sendiri seringkali menjadi misteri dan akan tetap jadi misteri.

Namun, di sisi lain kita seakan-akan dituntut untuk memecahkan misteri itu, melalui kebutuhan ataupun melalui sebuah keinginan.

Terkadang ada yang berfikir, kenapa saya mengingnkan ini, kenapa menginginkan itu, kenapa banyak sekali keinginan di benak saya, wah pusing jadinya.

Yaps, itulah kehidupan, itulah misteri-misterinya, itulah yang harus kita pecahkan untuk menjalani kehidupan.

Kenapa harus?, saya teringat dawuh KH. Sahal mahfudz dalam bukunya nuansa fiqh sosial, intinya begini, “Akhirat adalah kebahagiaan yang hakiki, tapi tuhan hanya menyediakan 1 jalan untuk mencapainya, yaitu bumi,” perssnya agak panjang, bisa baca-baca di sini.

Inilah alasan kenapa kita harus tetap menjalani dan memecahkan misteri-misteri dalam kehidupan, dibalik kerumitannya, tuhan menyediakan banyak referensi untuk kita pelajari.

Salah satunya dari sebuah pensil, banyak makna kehidupan dan pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari sebuah pensil.


Video On Youtube

For notification later SUBSCRIBE us!

4 Makna Kehidupan dan Pembelajaran yang Dapat Diambil dari Pensil

Mari kita lihat ada apa saja sih dalam pensil ini, kok bisa si mamang pensil bisa diambil pembelajarannya dan ada makna kehidupan didalamnya.

1. Pensil Sebagai Alat Mengguratkan Warna Lain pada Kertas

Kertas, ada kertas yang masih kosong ada kertas yang sudah penuh dengan coretan ataupun sebuah lukisan. Berbicara kertas, kita tahu kalau bayi yang baru lahir seringkali diibaratkan sebagai sebuah kertas kosong.

Maka, kehidupan manusia yang baru lahir di bumi itu, kedepannya bisa diibaratkan sebagai sebuah coretan, tulisan, ataupun sebuah lukisan pada kertas yang awalnya kosong tersebut.

Segala bagian tubuh yang ada pada manusia diibaratkan sebagai sebuah pensilnya, di mana mereka bisa menggunakan pensil tersebut untuk apapun sesuai keinginan dan kemampuan orang tersebut.

Terkhusus untuk yang sudah balig, sudah memiliki kemampuan untuk mengendalikan guratan pensilnya mau diarahkan kemana. Maka, akan menjadi sebuah coretan tidak jelas atau menjadi sebuah tulisan yang berguna, bagaimana orang tersebut menggoreskan pensilnya.

Bahkan, goreran dari pensil bisa saja menjadi sebuah lukisan indah yang dapat dipertanggungjawabkan maknanya dihadapan tuhan atau menjadi sebuah lukisan buruk yang mengganggu pemandangan orang lain.

2. Warna dari Guratan Pensil Bisa Dihapus

Kelebihan pensil adalah bisa dihapus, seperti apakah tulisan atau lukisan yang telah kita buat masih bisa dihapus dan kita perbaiki, meskipun tidak keseluruhan dan tidak sebersih seperti semula.

Begitupun dengan kehidupan, ketika kita sudah melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak kita atau orang lain kehendaki, tentu kita bisa memperbaikinya, baik secara sosial atupun dihadapan tuhan.

Memang tidak semua kesalahan kita bisa kita hapus di hadapan tuhan, karena ada beberapa kesalahan yang tidak bisa diampuni, seperti halnya syirik, Namun meski demikian kita tidak bisa menuduh seseorang dengan dosa selamanya, karena hanya Allah SWT. yang berhak melakukannya.

Tapi, dihadapan manusia atau dalam kehidupan sosial kita dapat memperbaiki kesalahan kita, untuk memperbaiki hubungan antara manusia, dan seperti itulah pensil.

3. Berbagai Jenis Pensil dengan Berbagai Warna

Pensil tidak hanya untuk menulis, ada juga pensil warna yang fungsinya untuk memberi warna lain selain warna utamanya yaitu hitam.

Banyka warna yang bisa kita pilih dan kita gunakan untuk menulis, ataupun untuk menggambar, begitupun dengan kehidupan, banyak pilihan yang bisa kita pilih untuk menentukan jalan yang akan kita ambil.

Pilihan tersebut tentunya akan kita sesuaikan dengan apa yang kita inginkan atau dengan kebutuhan, kita bisa memilih warna apa saja yang kita butuhkan untuk menulis atau menggambar.

Bagus tidaknya tulisan atau lukisan yang kita buat tergantung terhadap pilihan warna yang kita ambil, ketika kita memilih warna yang tidak sesuai, tentunya akan jelek hasilnya.

4. Pensil Tumpul dan tajam

Pensil pada keadaan tumpul ataupun tajam masih tetap bisa digunakan, lagi-lagi sesuai dengan kebutuhan kita, tidak semua pensil harus benar-benar tajam begitupun sebaliknya.

Adakalanya kita memerlukan pensil tajam, seperti ketika kita akan membuat garis, namun kita memerlukan pensil yang agar tumpul ketika akan mewarnai.

Seperti itu juga kehidupan, kita memerlukan ketajaman fikiran dan hati untuk menentukan sebuah pilihan atau menetapkan sebuah keputusan.

Namun, kita harus agak menumpulkan akal dan nafsu ketika kita dihadapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapkan atau sesuatu yang memerlukan kesabaran.

Itulah beberapa makna kehidupan dan pembelajaran yang bisa kita ambil dari pensil, mungkin masih banyak yang makna yang tidak bisa saya tuliskan, tapi, meskipun sedikit semoga bisa bermanfa’at.

You might also like
1 Comment
  1. […] Makna Kehidupan dan Pembelajaran dari Pensil […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.