Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Membuka Tirai Keraguan

46

Hidup itu banyak tantangannya. Si santri juga, walaupun masih belum merasakan ‘kehidupan yang sesungguhnya di masyarakat’ si santri punya segudang tantangan saat masa-masa belajar.

Pernah suatu hari ketika saya merasa jenuh dengan rutinitas di pesantren, ditambah ada beberapa ‘tantangan’ yang membuat galau, saya curhat ke teman. Teman saya itu berkata, “Kita kalau di pondok bisa keluar, bisa pulang. Tapi kalau kita udah di luar kita nggak bisa ke pondok.” Maksud teman saya itu intinya jangan menyiakan masa belajar sebagai santri. Kalau si santri sumpek dengan masalahnya, bisa minta ayah jemput pulang. Tapi kalau kelak sudah boyong, kalau keluar dari pondok selamanya, mau lari ke mana kita?, mau nggak mau ya harus dihadapi.

Jadi selusin bahkan lebih permasalahan yang ada di pondok hakikatnya latihan buat si santri. Latihan untuk membentuk diri yang strong menghadapi permasalahan di masa depan. Masalah yang biasa dihadapi si santri di pondok misalnya perselisihan sesama teman, sandal hilang, baju melayang, belajar tidak fokus, dompet menipis, rindu keluarga.

Tak sedikit orang terlanjur putus asa saat ia jatuh. Guru saya berpesan, “Semua hanya tersembunyi di balik tirai keraguan.”

Masih ingat firman Allah bahwa Dia tak akan memberi beban di luar kemampuan hamba-Nya?

Kita hanya ragu, lanjut guru saya waktu itu kepada saya dan teman-teman sekelas, “Kalian sebenarnya lebih cantik dari yang kalian kira. Lebih hebat dari yang kalian sangka… hanya saja kalian kurang percaya diri, yakini selalu, bahwa bisa jadi bagi dunia kamu adalah seseorang. Tapi bisa jadi juga bagi seseorang kamu adalah dunianya.” Bila kita renungkan lebih seksama, apakah seseorang yang menganggap kamu adalah dunianya memang cuma satu orang?

Coba deh hitung. Ada ibu, ayah, saudara, sahabat, Nah, banyak, kan? masih ragu?, ada lagi yang menyayangi kita dengan sayang yang sebenar-benarnya sayang. Siapa? Allah.

Mari kita singkap tirai keraguan itu, keluar dari baliknya. Niscaya kita akan lebih mendekati ke KESUKSESAN, insyaAllah ?

https://ctosantrix.com/

Catatan:
Mari berbagi Ungkapan, Sajak, Puisi, Syair, Qoutes, & Cerita, Ungkapkan “SajakManisSantri” mu, bakalan diramaikan oleh squad @ctosantrix . Yang ingin direpost silakan tag akun kami @ctosantrix atau kirim tulisan kalian via DM / WA di Bio atau di kolom komentar, dan jangan di privat akunya. Salam Manis Santri ?

Admin ctosantrix
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.