Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Mitos dan Fakta Seputar Corona yang Penting Diketahui

15

Mitos dan Fakta Seputar Corona – berbagai informasi banyak bertebaran di media, baik media sosial atau pun media masa. Mitos atau fakta terkadang menjadi hal yang membingungkan karena banyaknya informasi tersebut.

Kemudian, hal yang terkadang membuat aneh adalah mitos lebih cepat menyebar dan dipercaya daripada fakta yang sebenarnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran mitos seputar corona, pemerintah baik pemerintah pusat atau pun daerah membuat situs resmi yang memberikan informasi resmi, Informasi Mitos dan Fakta seputar corona, serta berbagai informasi lainnya.

10 Mitos dan Fakta Seputar Corona

Berikut ini adalah 10 mitos yang telah ctosantrix rangkum dari berbagai situs terpercaya beserta fatkta-faktanya.

1. Masker Bedah Efektif Mencegah Corona

Mitos pertama adalah tentang masker bedah yang dikabarkan dapat melindungi diri dari terpapar virus corona.

Faktanya, masker bedah hanya dapat mencegah partikel yang relatif besar, seperti memblokir butiran air atau semprotan, namun tidak efektif menyaring udara dan partikel yang sangat kecil seperti virus.

Sehingga penggunaan masker saja tidak cukup mencegah terpapar virus corona, melainkan cara pencegahan lainnya harus diikuti. tentang ulasan lengkap masker tidak terlalu efektif mecegah terpapar virus, diulas dalam artikel berikut.

Baca Juga : Masker Bedah Efektif Mencegah Tertular Virus Corona, Benarkah?

2. Antibiotik Bisa Membunuh Virus Corona

Selanjutnya tentang Antibiotik yang dikabarkan bisa membunuh corona, informasi ini merupakan mitos.

Faktanya, antibiotik adalah obat untuk menangani bakteri dengan cara merusak struktur sel bakteri tersebut, sementara bakteri dengan virus merupakan dua microorganisme yang berbeda.

3. Pengering Tangan Bisa Membunuh Virus Corona

Mitos yang ketiga tentang pengering tangan yang dapat kita temukan di banyak tempat, dikabarkan alat ini dapat membunuh virus corona.

Kenyataan dari pengering tangan ini tidak bisa membunuh virus corona, karena alat ini hanya memanfaatkan udara yang dihisap dari sekitarnya untuk mengeringkan tangan.

Namun, mengeringkan tangan setelah mencuci tangan disarankan, dan hal yang dapat mencegah penyebaran virus corona adalah dengan sering mencuci tangan kemudian dikeringkan.

Lanjutan : Berkumur dengan Pemutih Mencegah Corona

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.