Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

PERINGATAN MAULID NABI, SHOLAWAT DAN ETIKA MAJLIS

49

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Merupakan kegiatan ruting tahunan Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar. Peringatan Maulid atau biasa disebut muludan ini merupakan bentuk syukur dan bentuk refleksi perjuangan sesosok manusia paling mulia di bumi, refleksi dituangkan dalam bentuk pengajian dan pembacaan Al-Barzanzi.

Acara dilaksanakan di area depan masjid pondok, Kamis, 21 Oktober 2019. Rangkaian acara terdiri dari dua sesi, sesi pertama dilaksanakan siang hari pukul 13.00 WIB dihadiri oleh masyarakat sekitar dan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB sampai pukul 03.00 WIB, diikuti oleh santri putra.

Melalui peringatan maulid Nabi tersebut, diharapkan para santri bisa mendapat barokah dan syafaat dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Baik di dunia maupun di akhirat kelak, seperti disampaikan oleh KH. Munawir Abdurrohim, M.A. dalam pengajian, “syafa’at untuk santri hari ini adalah dipermudah mendapatkan ilmu yang manfaat dan barokah.

Baca Juga : Kyaiku Sang Penjuang

Selain itu beliau menyampaikan beberapa faktor penting yang harus dilakukan oleh para santri supaya mendapat barokah dan syafa’at, dimana etika dalam majlis merupakan salahsatu faktor penting tersebut, “ketika mengikuti acara muludan sampai rampung (selesai) – kemudian (red.)- hendaknya ketika mengikuti acara seperti ini jangan ngantuk” jelas beliau kepada para santri.

Selanjutnya beliau menjelaskan tentang pentingnya bersolawat, sekaligus mengajak jama’ah untuk bersholawat bersama. hal ini merupakan faktor penting yang harus dilakukan, dimana solawat merupakan ungkapan cinta kepada nabi dan perintah dari Allah SWT. “Santri ingin mendapat kenikmatan di dunia dan akhirat, banyak baca shalawat, tentu saja dengan izin gusti Allah SWT.” pungkas beliau.

Peringatan Maulid Nabi tersebut kemudian diakhiri dengan pembacaan shalawat dan Al-Barzanzi bersama-sama yang di pimpin lansung oleh beliau. Penghujung acara dipenuhi dengan semangat dan kebahagiaan dari  para santri putra, sebagai bentuk ungkapan mahabbah dan penghayatan terhadap Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan perjuangannya. (Rizki/SquadCTOX).

You might also like
1 Comment
  1. […] rangka penutupan kegiatan, diadakan acara sholawat bersama, kegiatan ini dilaksanakan pada malam sabtu, 21 Desember 2019, selain itu, acara tersebut […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.