Dari Santri Untuk Negri | Nderek Dawuh Abah Kyai

Tentang Motivasi

29

“Manusia harus tidak cukup berbahagia jika ada sesuatu hal yang di perjuangkan dalam hidup” begitu perkataan George Bernard Shaw.

Aku yakin bahwa motivasi datang dari permasalahan, semakin menghindari masalah maka semakin mustahil akan mendapatkan motivasi, sebanyak apapun membaca buku tentang motivasi akan hanya sia sia.

Tentang Motivasi, Kamu Tak Boleh Lari dan Tetap Hadapi

Akan menjadi lelucon ketika ingin mendapatkan motivasi tapi selalu lari dan takut menghadapi permasalahan, ingin mendapatkan ikan namun takut kepada sungai, itu tidak akan mungkin.

Selalu lari dari permasalaan itupun tidak baik, karena akan terlarut dalam kenyamanan yang instan, dan kenyaman yang instan mudah sekali untuk menjerumuskan kepada keputusasaan.

Namun, beda halnya orang yang berani untuk melawan permasalahan, dia akan selalu mendapatkan motivasi dan kebijaksanaan, semakin sering dia melawan permasalahan maka semakin bijaksana dia.

Belum pernah aku mendengar tokoh-tokoh hebat terkenal lahir dari kenyamanan, karena nahkoda yang handal pasti lahir dari gelombang laut yang besar.

Orang yang kerap kali mencari kenyamanan yang instan akan sulit mendapatkan motivasi dan kebijaksanaan itu.

Baca Juga : Kasih Sayang Bapak – Oleh Kang Pur

Dia akan terus mencari dan mencari apa yang membuatnya nyaman tanpa tau bagaimana cara dia menciptakan kenyamanan itu, lebih tepatnya dia tidak memiliki motivasi dalam menghadapi apapun,

Banyak terlihat model-model seperti itu seperti halnya menggunakan aplikasi-aplikasi android yang memang hanya memberikan kepuasan dan kenyamanan sementara.

Semua itu akan ada habis masanya dan situlah dia merasakan kesia-siaan dan keputus asaan, karena tidak ada alasan yang jelas untuk melakukan hal itu, dan itu hanya sebagai seru-seruan belaka, hanya menghasilkan kenyamanan yang instan dan sementara.

Kalau cara itu selalu digunakan untuk lari dari permasalahan, dan hanya menghasilkan kenyamanan instan, maka mustahil dia akan mendapatkan motivasi.

Carilah Motivasi dari Dirimu Sendiri

Motivasi itu bukan datang dari orang lain, tetapi datang dari diri sendiri, kalaupun datang dari orang lain, itu hanya akan mendapat kata-kata indah yang tak ada artinya bagi kehidupannya, sebab dia tidak mengalami proses dalam mendapatkan motivasi itu.

Maka cobalah cari kesunyian dan lawanlah permasalahan, itu akan mengaktifkan intuisi dari dalam dirimu, dan akan berwujud menjadi motivasi.

Jacquea derrida pernah mengatakan bahwa “aku mencintai apa yang sangat aku benci”, Itulah cara yang sederhana namun sangat sulit untuk mendapatkan motivasi dan kebijaksanaan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.